Consulting : +6281337471807

Consulting via WA/SMS Must with name and Location
Fast Respon : 09.00 – 17.00 WIB, Sabtu 09.00 – 15.00 WIB

Tips Mengatur Biaya Pembangunan Rumah Minimalis di Bali

Tips Mengatur Biaya Pembangunan Rumah Minimalis di Bali

Apakah anda pernah membangun rumah di Bali? Jika pernah, berapa biaya yang anda keluarkan untuk membangun rumah di Bali? Bagaimana cara mengatur anggaran pembangunan rumah yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan? Artikel ini akan mengulas tentang tips mengatur biaya pembangunan rumah yang bisa menjadi referensi bagi anda yang ingin membangun rumah atau renovasi rumah di Bali.

Sebelum lebih jauh, artikel ini akan membahas mengenai cara mengatur anggaran untuk membangun rumah minimalis. Kenapa minimalis? Berdasarkan survey dari tim konsultan arsitek kami, rumah minimalis merupakan konsep hunian yang paling diminati di pulau Dewata. Selain lebih sederhana dan ekonomis, rumah minimalis juga lebih ramah lingkungan dan bisa dibangun pada lahan yang sempit.

Membangun Rumah Minimalis di Bali

membangun rumah di Bali

Rumah minimalis adalah hunian yang dibangun dengan konsep yang sederhana, namun tetap mengutamakan estetika dan nuansa yang modern. Awalnya, rumah jenis ini terinspirasi dari gaya hidup Zen dari Jepang. Gaya hidup Zen merupakan sebuah aliran yang mengutamakan kenyamanan tempat tinggal dengan perabotan yang seminimal mungkin.

Saat ini kita mengenal beberapa tipe rumah minimalis di Bali, antara lain, tipe 21, tipe 36, tipe 45 sampai tipe 60. Angka yang dimaksudkan dalam setiap tipe rumah itu mengacu pada skala meter persegi. Nah, jika anda tertarik untuk membangun rumah bergaya minimalis di Bali, sebaiknya anda mulai menentukan konsep yang sesuai dengan karakter anda.

Dari konsep ini, anda lebih mudah melakukan perencanaan biaya untuk pembangunan rumah. Jangan salah, walaupun terbilang sederhana, pembangunan rumah minimalis bisa menelan banyak biaya tanpa konsep yang jelas. Agar perencanaan anggaran lebih hemat dan tepat, ada baiknya anda berkonsultasi dengan konsultan arsitek profesional di Bali.

Biaya yang anda keluarkan selama membangun rumah sangat bervariasi, tergantung dari pilihan material bangunan,  bahan bangunan, sampai segala perlengkapan, ornamen, dan desainnya. Sebagai acuan dalam mengatur pembiayaan pembangunan, anda bisa mengikuti cara berikut ini:

Rencana Biaya Pembangunan Rumah Minimalis

membangun rumah di Bali

  1. Ongkos Tukang Bangunan

Setelah anda memiliki konsep yang jelas, desain yang sesuai, dan daftar material bangunan yang akan diaplikasikan dalam rumah minimalis di Bali, hal pertama yang harus anda lakukan adalah mencari jasa tukang bangunan.

Buatlah estimasi jenis tukang yang anda perlukan, lengkap dengan jumlah tukang yang dibutuhkan, dan berapa lama waktu pengerjaannya. Tukang sendiri terbagi dari beberapa level, yaitu tukang terampil, tukang gali, tukang kayu, tukang besi, asisten dan kenek tukang.

Masing-masing level, berbeda pula ongkos kerjanya. Tukang ahli misalnya, dalam sehari ongkos untuk menyewa jasa mereka berkisar antara Rp. 100.000 sampai Rp. 180.000 (harga normal). Sementara asisten tukang biasanya diupah seharga Rp. 80.000 – Rp. 95.000 per harinya. Anggap saja biaya tukang terampil sistem borongan Rp. 100.000 per hari, dan anda membutuhkan 5 orang tukang, jadi biaya yang anda butuhkan yaitu Rp. 500.000 per hari.

Jasa asisten tukang Rp. 80.000 per hari untuk sistem borongan, biasanya tukang terampil membutuhkan satu sampai tiga asisten, jadi biaya yang anda keluarkan untuk menyewa asisten tukang seharga Rp. 270.000. Total biaya yang anda keluarkan dalam sehari adalah Rp. 500.000 + Rp. 270.000 = Rp. 770.000.

  1. Menghitung Biaya Berdasarkan Luas Bangunan

Luas bangunan sangat mempengaruhi biaya yang dikeluarkan untuk membangun rumah minimalis di Bali. Anggap saja anda ingin membangun tumah tipe 36 di lahan seluas 80 meter persegi. Umumnya, harga tanah di Bali berkisar Rp. 3.100.000  sampai puluhan juta rupiah per meter persegi. Kita anggap anda mendapatkan harga yang paling murah, maka biaya yang anda keluarkan adalah Rp. 3.100.000 x 75 (m2) = Rp. 232.500.000 untuk membeli tanah tersebut.

Setelah itu, anda perlu menghitung estimasi biaya yang dikeluarkan setiap meter persegi di lahan tersebut. Bila harga permeter persegi bangunan di lahan anda Rp. 2.500.000, maka total biaya yang anda butuhkan adalah 36 (tipe rumah) x Rp. 2.500.000 = Rp. 90.000.000.

  1. Biaya Bahan Bangunan

Langkah selanjutnya yang harus anda buat adalah menhitung biaya bahan bangunan. Untuk rumah minimalis satu lantai, elemen yang diperlukan untuk membangunnya meliputi, pondasi, genteng, atap, kusen, jendela dan pintu, struktur besi,lantai keramik, sampai cat.

Sementara untuk membangun kelengkapan elemen itu diperlukan sejumlah bahan bangunan seperti cakar ayam, besi beton, genteng, batako, kayu, konstruksi baja ringan, cat dan keramik. Perkiraan bahan-bahan bangunan tersebut akan menghabiskan biaya mencapai Rp. 3.500.000 per meternya.

  1. Biaya Perabotan Utama

Perabotan utama yang harus ada dalam rumah minimalis di Bali, antara lain pagar, atap fiber glass, kloset, bak mandi, selang dan pipa paralon, saluran pembuangan, dan elektrikal. Biaya pembuatan perabotan utama ini bisa mencapai Rp. 5.500.000.

  1. Biaya Tak Terduga

Di luar biaya yang sudah dianggarkan tersebut, biasanya kerap muncul biaya tak terduga. Biaya ini biasanya digunakan bila terdapat biaya-biaya lain di luar anggaran yang ditentukan sebelumnya.

Biaya ini muncul untuk keperluan finishing rumah dan penambahan ornamen, seperti taman, kolam ikan, pembelian properti ruang tamu dan dapur. Sangat disarankan anda menambahkan 10 sampai 20 persen dari total anggaran pembuatan rumah untuk biaya tak terduga ini.

Itu lah beberapa biaya yang akan muncul saat anda membangun rumah minimalis di Bali. Buatlah anggaran yang sesuai dan tepat sasaran. Untuk menghemat biaya pembangunan rumah, anda bisa menggunakan jasa arsitek di Bali.

Konsultan arsitek di Bali yang profesional akan membantu anda mewujudkan rumah idaman sesuai budget yang anda miliki. Menggunakan konsultan arsitek tentunya akan membuat anggaran pembangunan rumah minimalis di Bali menjadi lebih hemat dan tepat sasaran, sehingga dana yang anda keluarkan akan digunakan sebaik mungkin tanpa terbuang sia-sia.

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Bali Mude is an architectural services company contractor services project equipment rental and supplier of materials with over 10 years of experience in Bali and several regions in East Java.

CONSULTATION

We serve clients from all over Indonesia

 info@balimude.com

ALAMAT

Jalan Mahendradatta Selatan No 7B,

Kota DenpasarBaliIndonesia,
Kode Pos 80221

CATEGORIES

  • Home
  • Testimonials
  • Team
  • Career
  • Contact

PRIVACY POLICY

TERM AND CONDITIONS

© 2020 Bali Mude Architect. All Rights Reserved. Maintenance By Kokosama Digital