Memiliki kolam renang agaknya masih menjadi konsep hunian mewah. Dahulu, rumah yang memiliki kolam renang identik dengan rumah besar yang memiliki lahan luas. Seiring perkembangannya, konsep arsitektur juga berkembang pesat. Sekarang, anda bisa memiliki kolam renang di lahan hunian yang terbatas atau sempit.

Rumah yang memiliki kolam renang memberikan sejumlah keuntungan bagi penghuninya. Kolam renang bisa menjadi arena hiburan sekaligus olahraga keluarga anda.Berenang secara rutin dapat melepas penat dan mengurangi stres dari tekanan aktivitas sehari-hari. Kolam renang minimalis dapat menjadi pilihan bagi anda yang memiliki lahan terbatas. Jika anda ingin membangun kolam renang di lahan sempit, pastikan anda telah memiliki konsep dan rancangannya agar tidak merusak tatanan hunian anda.

Berikut ini merupakan beberapa inspirasi kolam renang di lahan terbatas yang bisa anda jadikan referensi, antara lain:

Kolam Renang di Lahan Sempit

  1. Kolam Renang Memanjang

Kolam renang memanjang bisa dijadikan ide kolam renang di lahan sempit.

Desain kolam renang ini dapat diaplikasikan untuk hunian yang memiliki sisa lahan. Kolam renang tipe ini, sering dijadikan desain kolam renang di lahan terbatas. Pilihlah bentuk yang sederhana dan nyaman. Karena luasnya tak seberapa, anda bisa membuat kolam renang memanjang yang sederhana tanpa tambahan ornamen yang mengganggu.

Agar lebih sedap dipandang, anda bisa menempatkan hiasan batu alam yang dipadupadankan dengan rerumputan hijau. Tempatkan juga dua atau tiga kursi pantai kecil di tepi nya.

  1. Kolam Renang Persegi Panjang

Berbeda dengan desain kolam renang pertama, bentuk persegi panjang setidaknya dibangun di lahan yang memiliki luas minilai 1,3 x 7 meter persegi.

Kolam renang ini akan lebih menarik jika dibangun di areal taman dan tempat bersantai keluarga. Agar lebih privat, anda bisa menambahkan pagar yang terbuat dari bambu mengelilingi kolam renang tersebut. Penataan ini akan membuat kolam renang di lahan sempit terlihat seperti pemandian tradisional ala Jepang.

  1. Kolam Renang Dalam RumahKolam renang di dalam rumah bisa menjadi solusi lahan sempit.

Jangan khawatir jika anda tidak memiliki sisa lahan untuk kolam renang. Anda bisa membangun kolam renang di dalam rumah. Konsep ini sering juga disebut Courtyard.

Jika memungkinkan sebaiknya anda menggunakan konsep courtyard semi outdoor, artinya ada sebagian sisi kolam yang berada di luar ruangan. Namun, perlu diingat, kolam renang jenis ini harus didukung dengan pengamanan yang ekstra.

Tempatkanlah pembatas antara kolam renang dengan ruangan dalam rumah. Anda bisa menggunakan kaca tebal transparan, atau pintu kayu sebagai pembatasnya.

Agar lebih nyaman, pastikan areal kolam renang dalam rumah anda memiliki sirkulasi udara dan cahaya yang cukup.

  1. Kolam Renang Spa

Kolam renang spa memiliki desain yang mungil dan cocok untuk lahan sempit.

Ini mungkin menjadi desain paling minimalis di antara desain lainnya. Kolam renang rendam biasanya dibuat hanya seukuran dua kali panjang tumbuh orang dewasa. Kolam jenis ini lebih tepat jika digunakan sebagai bak berendam spa.

Namun jangan salah, walaupun imut, kolam renang ala spa ini cocok bagi anda yang telah memiliki pasangan. Anda bisa mengajak pasangan anda berendam di kolam ini sambil menikmati dinner romantis.

Karena menyerupai kolam spa, anda bisa menempatkan ornamen natural bernuansa kayu atau bambu. Anda juga bisa menempatkan batu kali sebagai dinding kolam renang spa ini.

  1. Kolam Renang Menukik

Tak semua sisa lahan berbentuk memanjang atau persegi. Ada pula hunian yang memiliki sisa lahan hook atau menukik. Daripada terbuang percuma, lebih baik anda memanfaatkan sisa lahan menukik itu untuk kolam renang.

Buatlah desain kolam renang dengan sudut melengkung, karena lahan yang menukik tak berarti membuat kolam renang anda terlihat memiliki lekukan yang berbelok tajam. Agar lebih hemat, anda bisa menggunakan beton yang dipoles halus sebagai dinding kolam renang.

Jangan lupa untuk menempatkan berbagai ornamen pendukung, seperti meja kecil, kursi santai, atau bahkan palet untuk lesehan.

  1. Kolam Renang Busur Derajat

Bentuk busur derajat membuat kolam anda terlihat lebih luas.

Desain kolam renang ini sangat tepat bagi anda yang memiliki lahan terbatas. Sudut 180 derajat yang menyerupai busur, membuat kolam renang di lahan sempit anda terlihat lebih luas.

Anda bisa menambahkan tangga, atau membuat pembatas antara sisi dalam dan sisi aman untuk areal anak-anak. Agar lebih menarik, anda bisa menambahkan beberapa pot bunga warna warni di tepian kolam renang.

Nah itu lah beberapa inspirasi kolam renang di lahan sempit yang bisa anda jadikan sebagai referensi. Cukup mudah kan?

Konsep arsitektur mengalami perkembangan dari hari ke hari. Kini, memiliki lahan sempit yang terbatas tak membuat hunian anda terasa kecil dan membosankan. Agar setiap desain bangunan anda tertata secara maksimal, sebaiknya anda menggunakan jasa arsitek profesional.

Seorang arsitek profesional akan memaksimalkan setiap lahan yang tersisa untuk dimanfaatkan secara efisien. Menggunakan jasa arsitek profesional menguntungkan anda dari segi anggaran. Anda bisa menyesuaikan budget yang anda anggarkan kepada konsultan arsitek, sehingga setiap dana yang anda keluarkan akan tersalurkan secara efisien agar tidak over budget.

Jika anda ingin membangun hunian di Bali, anda bisa memilih jasa arsitek di Bali yang sudah berpengalaman. Pilihlah arsitek di Bali yang memiliki konsep terbaik dengan harga yang terjangkau.

 

 (Rizaldi Abror)