Consulting : +6281337471807

Consulting via WA/SMS Must with name and Location
Fast Respon : 09.00 – 17.00 WIB, Sabtu 09.00 – 15.00 WIB

5 Jenis Arsitek Yang Harus Anda Ketahui

5 Jenis Arsitek Yang Harus Anda Ketahui

Untuk mewujudkan konsep bangunan impian dibutuhkan keahlian khusus. Keahlian ini dimiliki oleh arsitek profesional. Arsitek adalah orang yang memahami tentang arsitektur atau ilmu tentang perancangan bangunan. Tak hanya ahli mendesain bangunan, seorang arsitek profesional wajib memahami konsep estetika, budaya, filosofi, dan teknologi dari sebuah bangunan yang mereka rancang.

Profesi arsitek semakin berkembang hingga saat ini. Di Indonesia sendiri, ilmu arsitektur sudah lama berkembang sejak zaman dahulu. Salah satu arsitek terkenal asal Indonesia yaitu sang Presiden Pertama Indonesia, Ir. Soekarno. Pun begitu, masih banyak orang yang kurang memahami jenis arsitek. Arsitek memiliki keahlian di berbagai bidang yang berbeda, walaupun pada dasarnya mereka memiliki keahlian yang sama, yaitu ahli konstruksi.

Bidang Kerja Arsitek

Secara umum, arsitek bekerja di bidang desain dan pelaksanaan konstruksi. Keahlian mereka dibutuhkan untuk berbagai proyek pembangunan, seperti membangun perumahan, perkantoran, hotel dan restoran, kawasan pendidikan, bahkan industri besar seperti pabrik.

Dari bidang kerja ini anda bisa melihat betapa arsitek memiliki keahlian yang sangat luas. Lebih lanjut, kami akan menjelaskan mengenai tahapan kerja arsitek, antara lain konsep perancangan, pra rancangan, pengembangan, gambar kerja, pengadaan dan pelaksaan konstruksi, hingga pengawasan secara berkala.

Arsitek biasanya akan bekerjasama dengan tim ahli dari teknik sipil yang membantu dalam menentukan bahan bangunan, material, maupun metode konstruksi yang akan diterapkan dalam rancangan teknis sebuah proyek.

Nah, kali ini, Balimude Architect akan membahas mengenai jenis-jenis arsitek yang harus anda ketahui. Dengan mengetahui jenis arsitek, anda akan lebih mudah menentukan arsitek mana yang bisa anda pilih untuk mengerjakan proyek pembangunan.

Jenis Arsitek Yang Harus Anda Ketahui

jenis arsitek

  1. Arsitek Desain Industri

Jasa arsitek ini berfokus pada konsep bangunan industri. Beberapa bangunan industri yang bisa dikerjakan oleh arsitek desain industri antara lain, pabrik, jembatan, bank, instalasi pembangkit listrik, bandara, pom bensin, pelabuhan, terminal, dan masih banyak lagi.

Arsitektur industri memiliki fungsi khusus yang spesifik dan harus dikerjakan secara profesional. Seorang arsitek yang fokus pada bangunan industri cenderung mengutamakan konsep bangunan besar yang memiliki fungsi teknis yang kompleks.

  1. Arsitek Desain Hunian

jenis arsitek

Jenis arsitek yang satu ini merupakan yang paling sering anda jumpai. Arsitek desain hunian berfokus pada bangunan rumah tinggal, apartemen, rumah mewah, renovasi rumah, dan sejenisnya.

Arsitek yang berfokus pada desain hunian sangat diminati masyarakat karena dapat membuat konsep bangunan modern yang minimalis dengan desain yang sedap dipandang. Pekerjaan rumah hunian terbilang rumit, karena si arsitek harus menyesuaikannya dengan permintaan sang pemilik rumah.

Seorang arsitek di bidang hunian harus mampu menerapkan konsep hunian berdasarkan nilai filosofi, budaya, dan estetika.

  1. Arsitek Bidang Komersial

Arsitek di bidang ini berfokus pada bangunan komersial seperti pusat perbelanjaan, kantor, rumah sakit, dan lain sebagainya. Tak sedikit pula yang ahli membangun desain gedung pemerintahan.

Pekerjaan bangunan komersial terbilang rumit karena mengusung berbagai aspek. Selain keindahan arsitektur, bangunan komersial juga sangat menjaga aspek keselamatan dan kemudahan akses pada bangunan karena sering dikunjungi banyak orang.

  1. Arsitek Bidang Lansekap atau Pertamanan

Seorang arsitek yang bergerak di bidang lansekap atau pertamanan tentunya mampu menerapkan konsep arsitektur yang berhubungan dengan lingkungan, luar ruang (out door), dan tumbuhan.

Mereka biasanya sangat ahli menyajikan desain arsitektur yang sedap dipandang, sejuk, dan nyaman dikunjungi orang banyak. Desain taman haruslah asri dan fungsional, karena tak hanya sebagai sarana memperindah kota, taman juga kerap digunakan sebagai tempat berkumpul masyarakat.

  1. Arsitek Bidang Green Building

Jenis Arsitek

Bidang ini termasuk dalam ilmu baru pada perkembangan arsitektur. Green building, atau bangunan hijau ini sangat mengutamakan fungsi lingkungan yang berhubungan dengan isu pemanasan global.

Arsitek lingkungan mengusung konsep arsitektur yang ramah lingkungan, sehingga mereka akan menghadirkan beragam bentuk arsitektur dengan material yang tidak merusak lingkungan. Arsitek lingkungan juga mengutamakan konsep bangunan yang hemat energi, misalnya mengurangi penggunaan listrik, AC, dan segala jenis benda yang boros energi.

Ini lah beberapa jenis arsitek yang harus anda ketahui. Mengetahui jenis-jenis arsitek akan memudahkan anda dalam memilih jasa arsitek terbaik yang tepat untuk keperluan bangunan anda. Menggunakan jasa arsitek akan membantu anda dalam menghadirkan konsep bangunan yang tepat dan sesuai dengan karakter yang anda inginkan.

Arsitek profesional juga akan menyesuaikan desain bangunan dengan anggaran yang anda miliki. Sehingga setiap dana yang anda keluarkan akan digunakan secara efisien dan tepat sasaran. Cara ini akan membantu anda untuk menghemat biaya pembangunan.

 

(Rizaldi Abror)

 

 

 

Jangan Asal Pilih, Ikuti Tips Ini Untuk Memilih Jasa Arsitek Terbaik di Bali

Jangan Asal Pilih, Ikuti Tips Ini Untuk Memilih Jasa Arsitek Terbaik di Bali

Setiap orang pasti ingin memiliki rumah yang nyaman dan elok dipandang. Untuk mewujudkannya, anda harus memiliki rancangan bangunan yang benar dan presisi. Agar hunian anda sesuai dengan keinginan, ada baiknya anda menggunakan jasa arsitek profesional. Bagi anda yang tinggal di Bali, menggunakan jasa arsitek di Bali seolah sudah menjadi keharusan, karena arsitek di Bali sudah memahami konsep bangunan lokal sesuai dengan filosofi adat istiadat setempat.

Seorang arsitek profesional akan membantu anda mewujudkan konsep bangunan sesuai dengan keinginan dan impian anda. “Wah pasti mahal” ini mungkin terlintas dalam fikiran anda ketika mendengar kata arsitek. Jangan takut dulu, anggapan ini tidak sepenuhnya benar.

Arsitek profesional memiliki keahlian khusus yang membuat setiap desain bangunan sesuai dengan lahan yang anda miliki. Jadi, setiap inci lahan yang anda miliki akan digunakan secara maksimal dan efisien. Anda mungkin ingin membuat desain sendiri, tapi apakah desain anda dapat diaplikasikan ke dalam konsep bangunan?

Mungkin saja bisa. Tapi apakah desain yang anda buat sudah sesuai dengan kondisi lahan atau hunian anda? Jawabannya adalah belum tentu. Alih-alih menghasilkan konsep hunian idaman, anda justru hanya akan membuang-buang uang dengan desain yang tidak presisi dan terukur.

Menggunakan jasa arsitek membuat anggaran yang anda miliki untuk membangun rumah dapat digunakan secara efisien dan tepat sasaran. Arsitek profesional tentu sudah memahami dan dapat menyesuaikan desain yang mereka tawarkan sesuai dengan budget yang anda siapkan.

Nah, bagi anda yang ingin mendapatkan desain arsitektur terbaik, kami telah merancang sejumlah kriteria yang bisa anda ikuti untuk memilih arsitek di Bali.

Tips Memilih Arsitek di Bali

Arsitek di Bali

  • Pilih Arsitek Yang Sudah Memiliki Reputasi di Bali

Kriteria pertama ini sangat penting diikuti sebelum anda memilih jasa arsitek di Bali. Saat ini mungkin ada puluhan bahkan ratusan arsitek yang menawarkan jasanya di pulau dewata. Namun, tak semua arsitek memiliki reputasi yang baik.

Anda bisa mengetahui reputasi mereka melalui ulasan terkait jasa mereka. Mudah saja, anda tinggal mencarinya melalui gawai yang anda miliki. Silahkan cek di mesin telusur Google dan temukan jasa arsitek terbaik di Bali.

  • Meminta Rekomendasi Dari Klien

Agar lebih yakin, anda bisa meminta rekomendasi dari klien yang pernah menggunakan jasa arsitek di Bali yang akan anda pilih. Mintalah pendapat tentang kekurangan dan kelebihan arsitek tersebut, bagaimana hasil desainnya, ketepatan konstruksi, dan keindahan desain yang mereka hasilkan.

  • Pilih Jasa Arsitek di Bali Yang Terdekat

Faktor ini cukup penting mengingat anda harus rutin berkonsultasi dengan sang arsitek. Pilihlah arsitek yang terdekat dari tempat tinggal anda. Anda bisa menemukan begitu banyak arsitek di Bali. Pilihlah arsitek yang memiliki kantor di areal perkotaan seperti Denpasar agar lebih mudah ditemukan.

  • Amati Track Record Yang Dimiliki

Arsitek Profesional

Jasa arsitek yang profesional di Bali pastinya sudah memiliki track record yang baik. Jangan ragu untuk menghubungi mereka. Untuk bahan pertimbangan, upayakan menghubungi lebih dari satu arsitek. Anda bisa mencari daftar arsitek di Bali pada laman penelusuran Google.

Masukkan kata kunci “Jasa Arsitek di Bali”, “Arsitek Profesional di Bali”, “Konsultan Arsitek Bali”, lihat di daftar pencarian anda. Setidaknya anda bisa memilih yang tertera di halaman satu pencarian Google. Pilihlah setidaknya 3 sampai 5 arsitek yang tertera di pencarian anda.

  • Pilih Yang Menawarkan Jasa Lengkap

Agar lebih memudahkan, anda bisa memilih jasa arsitek yang menawarkan pilihan lengkap. Misalnya arsitek di Bali yang juga menyediakan jasa konsultasi, jasa konstruksi, penyewaan alat berat, sampai menyediakan bahan dan material bangunan.

Hal ini agar proyek anda dikerjakan oleh satu arsitek, sehingga anda lebih mudah memantau perkembangan proyek hunian impian anda. Jasa arsitek yang lengkap biasanya memiliki paket spesial yang jauh lebih murah dari jasa arsitek lainnya.

  • Pilih Jasa Arsitek Di Bali Yang Menawarkan Harga Terjangkau

Arsitek di Bali Profesional

 

Harga yang tinggi tak melulu bisa dijadikan patokan mengenai kualitas seorang arsitek. Jadi, pilihlah arsitek di Bali yang menawarkan harga terjangkau namun tetap memperhatikan konsep dan estetika bangunan.

Seperti yang dijelaskan tadi, anda bisa memilih arsitek yang menawarkan jasa lengkap. Mintalah penawaran harga terbaik dengan beragam paket jasa yang mereka tawarkan. Cara ini akan lebih menghemat biaya dan waktu yang anda keluarkan untuk mencari jasa arsitek, bahan bangunan, sampai jasa konstruksi.

Kesimpulan

Itu lah beberapa tips yang bisa anda ikuti dalam memilih jasa arsitek di Bali. Menggunakan jasa arsitek profesional akan menghasilkan beragam keuntungan. Salah satu nya adalah lebih menghemat biaya yang anda keluarkan dalam merancang bangunan. Seorang arsitek profesional akan menyesuaikan desain mereka dengan budget atau anggaran yang anda ajukan. Sehingga konsep bangunan anda menjadi lebih presisi, efisien dan memiliki nilai jual yang tinggi.

(Rizaldi Abror)

 

 

Tips Mengatur Biaya Pembangunan Rumah Minimalis di Bali

Tips Mengatur Biaya Pembangunan Rumah Minimalis di Bali

Apakah anda pernah membangun rumah di Bali? Jika pernah, berapa biaya yang anda keluarkan untuk membangun rumah di Bali? Bagaimana cara mengatur anggaran pembangunan rumah yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan? Artikel ini akan mengulas tentang tips mengatur biaya pembangunan rumah yang bisa menjadi referensi bagi anda yang ingin membangun rumah atau renovasi rumah di Bali.

Sebelum lebih jauh, artikel ini akan membahas mengenai cara mengatur anggaran untuk membangun rumah minimalis. Kenapa minimalis? Berdasarkan survey dari tim konsultan arsitek kami, rumah minimalis merupakan konsep hunian yang paling diminati di pulau Dewata. Selain lebih sederhana dan ekonomis, rumah minimalis juga lebih ramah lingkungan dan bisa dibangun pada lahan yang sempit.

Membangun Rumah Minimalis di Bali

membangun rumah di Bali

Rumah minimalis adalah hunian yang dibangun dengan konsep yang sederhana, namun tetap mengutamakan estetika dan nuansa yang modern. Awalnya, rumah jenis ini terinspirasi dari gaya hidup Zen dari Jepang. Gaya hidup Zen merupakan sebuah aliran yang mengutamakan kenyamanan tempat tinggal dengan perabotan yang seminimal mungkin.

Saat ini kita mengenal beberapa tipe rumah minimalis di Bali, antara lain, tipe 21, tipe 36, tipe 45 sampai tipe 60. Angka yang dimaksudkan dalam setiap tipe rumah itu mengacu pada skala meter persegi. Nah, jika anda tertarik untuk membangun rumah bergaya minimalis di Bali, sebaiknya anda mulai menentukan konsep yang sesuai dengan karakter anda.

Dari konsep ini, anda lebih mudah melakukan perencanaan biaya untuk pembangunan rumah. Jangan salah, walaupun terbilang sederhana, pembangunan rumah minimalis bisa menelan banyak biaya tanpa konsep yang jelas. Agar perencanaan anggaran lebih hemat dan tepat, ada baiknya anda berkonsultasi dengan konsultan arsitek profesional di Bali.

Biaya yang anda keluarkan selama membangun rumah sangat bervariasi, tergantung dari pilihan material bangunan,  bahan bangunan, sampai segala perlengkapan, ornamen, dan desainnya. Sebagai acuan dalam mengatur pembiayaan pembangunan, anda bisa mengikuti cara berikut ini:

Rencana Biaya Pembangunan Rumah Minimalis

membangun rumah di Bali

  1. Ongkos Tukang Bangunan

Setelah anda memiliki konsep yang jelas, desain yang sesuai, dan daftar material bangunan yang akan diaplikasikan dalam rumah minimalis di Bali, hal pertama yang harus anda lakukan adalah mencari jasa tukang bangunan.

Buatlah estimasi jenis tukang yang anda perlukan, lengkap dengan jumlah tukang yang dibutuhkan, dan berapa lama waktu pengerjaannya. Tukang sendiri terbagi dari beberapa level, yaitu tukang terampil, tukang gali, tukang kayu, tukang besi, asisten dan kenek tukang.

Masing-masing level, berbeda pula ongkos kerjanya. Tukang ahli misalnya, dalam sehari ongkos untuk menyewa jasa mereka berkisar antara Rp. 100.000 sampai Rp. 180.000 (harga normal). Sementara asisten tukang biasanya diupah seharga Rp. 80.000 – Rp. 95.000 per harinya. Anggap saja biaya tukang terampil sistem borongan Rp. 100.000 per hari, dan anda membutuhkan 5 orang tukang, jadi biaya yang anda butuhkan yaitu Rp. 500.000 per hari.

Jasa asisten tukang Rp. 80.000 per hari untuk sistem borongan, biasanya tukang terampil membutuhkan satu sampai tiga asisten, jadi biaya yang anda keluarkan untuk menyewa asisten tukang seharga Rp. 270.000. Total biaya yang anda keluarkan dalam sehari adalah Rp. 500.000 + Rp. 270.000 = Rp. 770.000.

  1. Menghitung Biaya Berdasarkan Luas Bangunan

Luas bangunan sangat mempengaruhi biaya yang dikeluarkan untuk membangun rumah minimalis di Bali. Anggap saja anda ingin membangun tumah tipe 36 di lahan seluas 80 meter persegi. Umumnya, harga tanah di Bali berkisar Rp. 3.100.000  sampai puluhan juta rupiah per meter persegi. Kita anggap anda mendapatkan harga yang paling murah, maka biaya yang anda keluarkan adalah Rp. 3.100.000 x 75 (m2) = Rp. 232.500.000 untuk membeli tanah tersebut.

Setelah itu, anda perlu menghitung estimasi biaya yang dikeluarkan setiap meter persegi di lahan tersebut. Bila harga permeter persegi bangunan di lahan anda Rp. 2.500.000, maka total biaya yang anda butuhkan adalah 36 (tipe rumah) x Rp. 2.500.000 = Rp. 90.000.000.

  1. Biaya Bahan Bangunan

Langkah selanjutnya yang harus anda buat adalah menhitung biaya bahan bangunan. Untuk rumah minimalis satu lantai, elemen yang diperlukan untuk membangunnya meliputi, pondasi, genteng, atap, kusen, jendela dan pintu, struktur besi,lantai keramik, sampai cat.

Sementara untuk membangun kelengkapan elemen itu diperlukan sejumlah bahan bangunan seperti cakar ayam, besi beton, genteng, batako, kayu, konstruksi baja ringan, cat dan keramik. Perkiraan bahan-bahan bangunan tersebut akan menghabiskan biaya mencapai Rp. 3.500.000 per meternya.

  1. Biaya Perabotan Utama

Perabotan utama yang harus ada dalam rumah minimalis di Bali, antara lain pagar, atap fiber glass, kloset, bak mandi, selang dan pipa paralon, saluran pembuangan, dan elektrikal. Biaya pembuatan perabotan utama ini bisa mencapai Rp. 5.500.000.

  1. Biaya Tak Terduga

Di luar biaya yang sudah dianggarkan tersebut, biasanya kerap muncul biaya tak terduga. Biaya ini biasanya digunakan bila terdapat biaya-biaya lain di luar anggaran yang ditentukan sebelumnya.

Biaya ini muncul untuk keperluan finishing rumah dan penambahan ornamen, seperti taman, kolam ikan, pembelian properti ruang tamu dan dapur. Sangat disarankan anda menambahkan 10 sampai 20 persen dari total anggaran pembuatan rumah untuk biaya tak terduga ini.

Itu lah beberapa biaya yang akan muncul saat anda membangun rumah minimalis di Bali. Buatlah anggaran yang sesuai dan tepat sasaran. Untuk menghemat biaya pembangunan rumah, anda bisa menggunakan jasa arsitek di Bali.

Konsultan arsitek di Bali yang profesional akan membantu anda mewujudkan rumah idaman sesuai budget yang anda miliki. Menggunakan konsultan arsitek tentunya akan membuat anggaran pembangunan rumah minimalis di Bali menjadi lebih hemat dan tepat sasaran, sehingga dana yang anda keluarkan akan digunakan sebaik mungkin tanpa terbuang sia-sia.

 

 

 

 

 

8 Alasan Utama Mengapa Anda Perlu Konsultan Arsitek Profesional

8 Alasan Utama Mengapa Anda Perlu Konsultan Arsitek Profesional

Bagi anda yang berencana membangun rumah atau merancang desain hunian idaman di Bali, sebaiknya anda menggunakan jasa konsultan arsitek profesional. Kenapa menggunakan jasa arsitek? Nanti biayanya mahal? Jujur saja, pertanyaan seperti ini kerap terlintas saat anda ingin menggunakan jasa arsitek. Padahal,melalui konsultan arsitek profesional, lahan yang anda gunakan untuk membangun akan digunakan lebih maksimal dan terencana.

Seorang konsultan arsitek akan memberikan referensi mengenai desain, konsep, dan pemanfaatan lahan untuk bangunan anda. Tanpa konsep yang detail, hunian yang anda idamkan justru tidak sesuai dengan keinginan.

Sebelum lebih jauh, mari kita membahas mengenai peran penting konsultan arsitek sebagai berikut:

Pentingnya Konsultan Arsitek

Pekerjaan pembangunan tidak lah semudah yang dibayangkan. Untuk membangun satu rumah saja misalnya, seorang konsultan arsitek profesional akan melakukan begitu banyak rangkaian perencanaan. Di tahap awal pembangunan, arsitek akan melalui proses pra-perencanaan, proses ini meliputi penyusunan data dan survey lokasi.

Setelah itu, seorang arsitek akan berkonsultasi dengan pemilik lahan untuk menginventarisir segala kebutuhan kegiatan dan fungsi bangunan. Selanjutnya,hasil dari penyusunan data tersebut akan dituangkan dalam konsep sketsa ruang. Tahapan ini tidak main-main, karena tak jarang pemilik lahan ingin memasukkan filosofi dan fungsi khusus pada desain bangunan yang diinginkan.

Arsitek juga bertugas untuk memberikan referensi mengenai bahan material bangunan terbaik yang akan digunakan. Seorang konsultan arsitek profesional akan menawarkan desain berupa gambar 2D dan 3D sebagai pedoman pengajuan IMB (Izin Mendirikan Bangunan), sampai pada tahap perencanaan estimasi anggaran biaya pembangunan, atau RAB (Rencana Anggaran Biaya).

Manfaat Menggunakan Konsultan Arsitek

Tentunya menggunakan jasa arsitek profesional dapat memberikan sejumlah manfaat. Berikut ini merupakan manfaat yang anda dapatkan dari menggunakan jasa arsitek profesional:

  1. Pembangunan Lebih Terencana

Proyek Lebih Terencana Dengan Konsultan Arsitek Profesional

Sebelum melakukan pembangunan, konsultan arsitek akan melakukan diskusi kepada klien mengenai konsep bangunan secara mendetail. Konsep tersebut meliputi luas bangunan, jumlah ruang yang ada dalam bangunan, fungsi masing-masing ruang, hingga ornamen yang digunakan untuk dekorasi bangunan.

Di tahap ini, anda akan mendapatkan gambaran mengenai proyek pengerjaan bangunan secara lengkap termasuk mengkalkulasi anggaran yang anda perlukan untuk melakukan proyek tersebut.

  1. Desain Bangunan Yang Menjual

Setiap arsitek memiliki ciri khas tersendiri saat menuangkan ide desain bangunan. Konsultan arsitek profesional akan mengarahkan anda dalam memilih desain dalam setiap proyek yang dikerjakan. Desain ini lah yang memberi nilai tambah pada bangunan anda, sehingga memiliki nilai jual tinggi saat akan dijual kembali.

  1. Menyesuaikan Karakter Pemilik

Selain ahli menuangkan ide dalam desain bangunan, konsultan arsitek juga mampu menyesuaikan desain mereka dengan karakter si pemilik bangunan. Jadi, jangan sungkan untuk memberikan gambaran secara detail mengenai karakter anda kepada arsitek profesional. Mereka akan menyesuaikan konsep bangunan dengan menampilkan karakter yang anda inginkan.

  1. Memaksimalkan Fungsi Tata Ruang

Konsultan Arsitek Profesional

Kenyamanan menjadi faktor penting yang harus dimiliki sebuah hunian. Rumah yang nyaman seharusnya memiliki konsep penataan ruang yang benar, dengan sirkulasi udara yang baik.

Konsultan arsitek akan memberikan gambaran mengenai konsep tata ruang sesuai dengan bangunan yang anda miliki. Masing-masing ruangan yang ada dalam rumah memiliki fungsi yang berbeda, sehingga tata letaknya pun harus diperhatikan.

  1. Menjamin Kualitas Bahan Bangunan

Banyak pemain properti, biasanya non resmi yang kerap mengakali kualitas bahan bangunan. Mereka akan mengganti bahan bangunan dengan yang lebih murah agar mendapatkan keuntungan. Nah, untuk menghindari hal ini, anda wajib menggunakan jasa arsitek profesional.

Seorang arsitek tentunya mengutamakan kualitas bangunan termasuk pemilihan bahan bangunan yang digunakan.

  1. Sketsa Bangunan Yang Mudah Difahami

Konsultan arsitek akan memberikan sketsa bangunan yang lengkap dengan infografis seperti ukuran, bahan yang digunakan, fungsi ruangan, dan sebagainya. Sketsa bangunan yang diberikan berupa gambaran terstruktur secara presisi lengkap dengan denah, gambar bangunan yang mudah difahami oleh pekerja bangunan.

  1. Efisien dan Hemat Biaya

Kerap kali kita terkecoh dengan biaya murah yang ditawarkan pekerja bangunan. Alih-alih merealisasikan konsep hunian idaman, jika dikerjakan tanpa perencanaan yang matang, hunian idaman anda pun tidak sesuai yang diharapkan.

Jika sudah begini tentunya biaya yang sudah anda keluarkan jadi teruang sia-sia. Seorang arsitek akan mengerjakan proyek sesuai dengan anggaran biaya yang anda ajukan, sehingga setiap pengerjaannya lebih terencana, hemat biaya, dan tepat waktu.

  1. Proyek Dibangun Sesuai Budget

Proyek disesuaikan dengan budget oleh konsultan arsitek profesional

Ini lah keunggulan arsitek, mereka dapat menyesuaiakan proyek dengan budget yang anda anggarkan. Arsitek profesional mampu menghadirkan hunian sesuai anggaran pemilik tanpa mengurangi nilai estetika yang ditampilkan dalam bangunan.

Itu lah sejumlah alasan mengapa anda wajib menggunakan jasa konsultan arsitek profesional saat mengerjakan proyek bangunan. Jika anda berencana membangun rumah atau meronovasi bangunan dalam waktu dekat, pilihlah konsultan arsitek yang terpercaya dan memiliki pengalaman yang mumpuni.

Jika anda memiliki bangunan di Bali, pilihlah konsultan arsitek di Bali yang berpengalaman dengan kualitas proyek yang terpercaya dan memberikan harga yang terjangkau.

 

(Rizaldi Abror)

5 Pilihan Wallpaper Dinding Keren Untuk Ruangan Anda

5 Pilihan Wallpaper Dinding Keren Untuk Ruangan Anda

Memilih Wallpaper Dinding Keren Untuk Rumah Anda

Dekorasi yang sedap dipandang menjadi nilai tambah untuk hunian anda. Tak hanya membuat hunian lebih nyaman, dekorasi yang kreatif juga mencerminkan penghuninya. Membuat dekorasi unik dan membeli berbagai ornamen, mungkin memakan banyak biasa. Untuk menghemat biaya, anda masih bisa menyiasatinya dengan berbagai wallpaper dinding bermotif unik.

Wallpaper berbeda dengan cat yang permanen. Wallpaper terbuat dari bahan yang mudah dipasang dan dilepas sesuka hati, jadi saat anda bosan, anda bisa mengganti wallpaper yang lama dengan motif baru lainnya.

Namun, perlu diingat, menggunakan wallpaper tidak lah semudah yang anda bayangkan. Anda harus menyesuaikan wallpaper dengan kondisi dinding rumah. Jika salah memilih wallpaper, bukannya mempercantik dinding yang anda dapatkan, melainkan cat dinding yang rusak akibat wallpaper yang tidak tepat.

Nah, bagi anda yang ingin menggunakan wallpaper untuk dekorasi rumah, tips berikut dapat membantu anda memilih wallpaper yang tepat.

Memilih Wallpaper Dinding Keren

  •  Pilih Motif Yang Tepat

Tak semua ruangan di rumah anda bisa diberikan wallpaper. Jadi, sebaiknya anda membuat daftar ruangan yang ingin diberikan wallpaper agar tidak salah pasang.

Coba lah ruang kamar tidur terlebih dahulu. Kamar tidur merupakan ruangan pribadi yang tak sembarangan orang boleh memasukinya, jadi memasang wallpaper dinding kamar akan lebih aman untuk dijadikan bahan eksperimen.

Tapi jangan sembarang pasang, pilihlah motif yang cerah dan teduh untuk menghasilkan nuansa yang nyaman pada kamar tidur.

Berbeda dengan ruang tamu, untuk menghasilkan efek lapang, anda bisa memasang wallpaper bermotif santai atau lembut. Pilihlah warna warna natural yang mudah dipadupadankan dengan berbagai ornamen ruang tamu.

  • Sesuaikan Dengan Luas Ruangan

Sebelum memasang wallpaper dinding, ada baiknya anda mengukur luas ruangannya terlebih dahulu. Hal ini dilakukan untuk mengukur anggaran belanja yang lebih hemat. Selain itu, anda bisa menyesuaikan motif wallpaper yang tepat sesuai ukuran ruangan yang anda inginkan.

Pilihlah motif horizontal untuk menghasilkan efek ruangan yang lebih luas, dan motif vertikal untuk menghasilkan efek ruangan yang lebih tinggi.

  • Pilih Bahan Wallpaper

Ada beberapa bahan yang digunakan dalam membuat wallpaper. Seperti plastik, karet, atau bahan sintetis lainnya. Jika anda ingin memasang wallpaper untuk jangka lama, baiknya pilih wallpaper dinding keren yang terbuat dari vinyl. Selain tahan lama, wallpaper vinyl juga mudah ditempel dan dilepas kembali.  Ada dua jenis wallpaper vinyl, antara lain:

Wallpaper ini terbuat dari vinyl yang memiliki permukaan kasar. Wallpaper jenis ini cocok digunakan pada dinding yang memiliki permukaan tidak rata.

    • Solid Vinyl Wallpaper

Sesuai namanya, wallpaper jenis ini bersifat permanen. Anda tidak akan bisa melepasnya kembali setelah mamasang wallpaper ini. Jadi, pastikan motif yang dipilih telah sesuai keingingan saat memilih solid vinyl wallpaper.

Motif Wallpaper Dinding Yang Keren

  1. Motif Monokrom

Motif Monokrom Jadi Wallpaper Dinding Keren

Motif ini cocok bagi anda yang ingin menghadirkan kesan klasik dan modern pada ruangan. Motif monokrom bersifat netral, sehingga bisa digunakan di berbagai ruangan.

  1. Motif 3D

Motif ini sedang diminati saat ini. Anda bisa menggunakan motif ini untuk menyalurkan imajinasi anda. Motif 3D mampu menghadirkan visual yang tampak lebih hidup. Anda bisa menggunakan motif wallpaper 3D batu bata, kayu, bahkan karakter kartun untuk kamar anak.

  1. Motif Natural

Motif Natural Wallpaper Dinding Keren

Wallpaper dinding keren yang satu ini biasanya mengusung motif alami. Pilihlah motif natural berupa pepohonan, rumpun bambu, atau dedaunan untuk menampilkan kesan ruangan yang lebih segar dan menenangkan.

  1. Motif Retro

Motif Retro Wallpaper Dinding Keren

Jika anda gemar era 70, 80, atau 90 an, pilihlah motif retro sebagai wallpaper dinding. Motif retro biasanya mengusung ornamen jadul seperti poster film lawas, komik, atau tokoh-tokoh jaman dahulu. Motif ini juga kerap dipasang pada café atau coffee shop.

  1. Motif Kamar Anak

Tak semua anak-anak menyukai motif warna-warni. Untuk melatih daya kreativitas sang anak, sebaiknya anda membebaskan buah hati anda memilih motif yang disukainya. Biarkan mereka berimajinasi lewat motif super hero, karakter kartun, musik atau band kesukaan, dan lainnya.

Memilih dan memadupadankan wallpaper dinding memang cukup rumit dan memakan banyak biaya. Agar wallpaper yang anda pilih sesuai dengan ruangan yang anda inginkan, ada baiknya anda berkonsultasi kepada jasa arsitek. Seorang arsitek profesional akan memberi referensi untuk menampilkan hunian yang nyaman dan lebih baik untuk anda dan keluarga.

(Rizaldi Abror)

Bali Mude is an architectural services company contractor services project equipment rental and supplier of materials with over 10 years of experience in Bali and several regions in East Java.

CONSULTATION

We serve clients from all over Indonesia

 info@balimude.com

ALAMAT

Jalan Mahendradatta Selatan No 7B,

Kota DenpasarBaliIndonesia,
Kode Pos 80221

CATEGORIES

  • Home
  • Testimonials
  • Team
  • Career
  • Contact

PRIVACY POLICY

TERM AND CONDITIONS

© 2019 Bali Mude Architect. All Rights Reserved