Consulting : +6281337471807

Consulting via WA/SMS Must with name and Location
Fast Respon : 09.00 – 17.00 WIB, Sabtu 09.00 – 15.00 WIB

5 Jenis Arsitek Yang Harus Anda Ketahui

5 Jenis Arsitek Yang Harus Anda Ketahui

Untuk mewujudkan konsep bangunan impian dibutuhkan keahlian khusus. Keahlian ini dimiliki oleh arsitek profesional. Arsitek adalah orang yang memahami tentang arsitektur atau ilmu tentang perancangan bangunan. Tak hanya ahli mendesain bangunan, seorang arsitek profesional wajib memahami konsep estetika, budaya, filosofi, dan teknologi dari sebuah bangunan yang mereka rancang.

Profesi arsitek semakin berkembang hingga saat ini. Di Indonesia sendiri, ilmu arsitektur sudah lama berkembang sejak zaman dahulu. Salah satu arsitek terkenal asal Indonesia yaitu sang Presiden Pertama Indonesia, Ir. Soekarno. Pun begitu, masih banyak orang yang kurang memahami jenis arsitek. Arsitek memiliki keahlian di berbagai bidang yang berbeda, walaupun pada dasarnya mereka memiliki keahlian yang sama, yaitu ahli konstruksi.

Bidang Kerja Arsitek

Secara umum, arsitek bekerja di bidang desain dan pelaksanaan konstruksi. Keahlian mereka dibutuhkan untuk berbagai proyek pembangunan, seperti membangun perumahan, perkantoran, hotel dan restoran, kawasan pendidikan, bahkan industri besar seperti pabrik.

Dari bidang kerja ini anda bisa melihat betapa arsitek memiliki keahlian yang sangat luas. Lebih lanjut, kami akan menjelaskan mengenai tahapan kerja arsitek, antara lain konsep perancangan, pra rancangan, pengembangan, gambar kerja, pengadaan dan pelaksaan konstruksi, hingga pengawasan secara berkala.

Arsitek biasanya akan bekerjasama dengan tim ahli dari teknik sipil yang membantu dalam menentukan bahan bangunan, material, maupun metode konstruksi yang akan diterapkan dalam rancangan teknis sebuah proyek.

Nah, kali ini, Balimude Architect akan membahas mengenai jenis-jenis arsitek yang harus anda ketahui. Dengan mengetahui jenis arsitek, anda akan lebih mudah menentukan arsitek mana yang bisa anda pilih untuk mengerjakan proyek pembangunan.

Jenis Arsitek Yang Harus Anda Ketahui

jenis arsitek

  1. Arsitek Desain Industri

Jasa arsitek ini berfokus pada konsep bangunan industri. Beberapa bangunan industri yang bisa dikerjakan oleh arsitek desain industri antara lain, pabrik, jembatan, bank, instalasi pembangkit listrik, bandara, pom bensin, pelabuhan, terminal, dan masih banyak lagi.

Arsitektur industri memiliki fungsi khusus yang spesifik dan harus dikerjakan secara profesional. Seorang arsitek yang fokus pada bangunan industri cenderung mengutamakan konsep bangunan besar yang memiliki fungsi teknis yang kompleks.

  1. Arsitek Desain Hunian

jenis arsitek

Jenis arsitek yang satu ini merupakan yang paling sering anda jumpai. Arsitek desain hunian berfokus pada bangunan rumah tinggal, apartemen, rumah mewah, renovasi rumah, dan sejenisnya.

Arsitek yang berfokus pada desain hunian sangat diminati masyarakat karena dapat membuat konsep bangunan modern yang minimalis dengan desain yang sedap dipandang. Pekerjaan rumah hunian terbilang rumit, karena si arsitek harus menyesuaikannya dengan permintaan sang pemilik rumah.

Seorang arsitek di bidang hunian harus mampu menerapkan konsep hunian berdasarkan nilai filosofi, budaya, dan estetika.

  1. Arsitek Bidang Komersial

Arsitek di bidang ini berfokus pada bangunan komersial seperti pusat perbelanjaan, kantor, rumah sakit, dan lain sebagainya. Tak sedikit pula yang ahli membangun desain gedung pemerintahan.

Pekerjaan bangunan komersial terbilang rumit karena mengusung berbagai aspek. Selain keindahan arsitektur, bangunan komersial juga sangat menjaga aspek keselamatan dan kemudahan akses pada bangunan karena sering dikunjungi banyak orang.

  1. Arsitek Bidang Lansekap atau Pertamanan

Seorang arsitek yang bergerak di bidang lansekap atau pertamanan tentunya mampu menerapkan konsep arsitektur yang berhubungan dengan lingkungan, luar ruang (out door), dan tumbuhan.

Mereka biasanya sangat ahli menyajikan desain arsitektur yang sedap dipandang, sejuk, dan nyaman dikunjungi orang banyak. Desain taman haruslah asri dan fungsional, karena tak hanya sebagai sarana memperindah kota, taman juga kerap digunakan sebagai tempat berkumpul masyarakat.

  1. Arsitek Bidang Green Building

Jenis Arsitek

Bidang ini termasuk dalam ilmu baru pada perkembangan arsitektur. Green building, atau bangunan hijau ini sangat mengutamakan fungsi lingkungan yang berhubungan dengan isu pemanasan global.

Arsitek lingkungan mengusung konsep arsitektur yang ramah lingkungan, sehingga mereka akan menghadirkan beragam bentuk arsitektur dengan material yang tidak merusak lingkungan. Arsitek lingkungan juga mengutamakan konsep bangunan yang hemat energi, misalnya mengurangi penggunaan listrik, AC, dan segala jenis benda yang boros energi.

Ini lah beberapa jenis arsitek yang harus anda ketahui. Mengetahui jenis-jenis arsitek akan memudahkan anda dalam memilih jasa arsitek terbaik yang tepat untuk keperluan bangunan anda. Menggunakan jasa arsitek akan membantu anda dalam menghadirkan konsep bangunan yang tepat dan sesuai dengan karakter yang anda inginkan.

Arsitek profesional juga akan menyesuaikan desain bangunan dengan anggaran yang anda miliki. Sehingga setiap dana yang anda keluarkan akan digunakan secara efisien dan tepat sasaran. Cara ini akan membantu anda untuk menghemat biaya pembangunan.

 

(Rizaldi Abror)

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Bali Mude is an architectural services company contractor services project equipment rental and supplier of materials with over 10 years of experience in Bali and several regions in East Java.

CONSULTATION

We serve clients from all over Indonesia

 info@balimude.com

ALAMAT

Jalan Mahendradatta Selatan No 7B,

Kota DenpasarBaliIndonesia,
Kode Pos 80221

CATEGORIES

  • Home
  • Testimonials
  • Team
  • Career
  • Contact

PRIVACY POLICY

TERM AND CONDITIONS

© 2020 Bali Mude Architect. All Rights Reserved. Maintenance By Kokosama Digital